Appointment

Konsultasi Gratis

Memahami Gangguan Pendengaran

Sekilas memahami mengapa Anda atau orang yang Anda cintai bisa mengalami gangguan pendengaran

Scroll

Information

Telinga Normal

Empat bagian telinga yang terlibat dalam pendengaran

 

  1. Telinga luar

    Gelombang suara masuk ke telinga luar dan berjalan melalui saluran telinga ke gendang telinga, menyebabkannya bergetar.

  2. Telinga tengah

    Getaran bergerak ke gendang telinga, yang terhubung ke tiga tulang kecil di telinga tengah yang disebut ossicles. Ossicles secara alami memperkuat suara sebelum memasuki telinga bagian dalam. Empat bagian telinga terlibat dalam pendengaran

  3. Telinga bagian dalam

    Bagian telinga ini berisi cairan yang memenuhi koklea bersamaan dengan ribuan sel rambut kecil. Saat cairan bergerak dalam gelombang sepanjang koklea, sel-sel rambut membungkuk dan memicu rangsangan melalui saraf pendengaran. Jumlah sel rambut membungkuk, dan lokasinya, menentukan frekuensi dan intensitas suara.

  4. Saraf pendengaran

    Rangsangan ini berjalan menuju saraf pendengaran ke otak, di mana mereka ditafsirkan sebagai suara yang berarti



 

Gangguan Pendengaran Tanpa Alat Bantu Dengar

Apa yang terjadi pada saat kita tidak mendengar dengan normal

 

  1. Telinga bagian luar

    Gelombang suara masuk melalui telinga bagian luar dan berjalan melalui kanal telinga menuju gendang telinga yang menyebabkan terjadinya getaran.

  2. Telinga bagian tengah

    Bagian telinga ini tidak terpengaruh oleh gangguan pendengaran. Getaran bergerak ke gendang telinga, yang terhubung ke tiga tulang kecil di telinga tengah yang disebut ossicles. Ossicles secara alami memperkuat suara sebelum memasuki telinga bagian dalam.

  3. Telinga bagian dalam

    Bagian telinga ini berisi cairan yang memenuhi koklea yang dipenuhi dengan ribuan sel rambut mungil. Pada kehilangan pendengaran yang lebih umum, sel rambut bisa rusak atau hilang sepanjang koklea. Frekuensi dan tingkat keparahan kehilangan pendengaran bergantung pada lokasi dan jumlah sel rambut yang hilang atau rusak.

  4. Saraf pendengaran

    Rangsangan dari sel-sel rambut utuh yang tersisa bergerak menuju saraf pendengaran ke otak. Di sini, otak mungkin mengalami kesulitan menafsirkan suaranya karena terbatasnya informasi akustik yang bisa diberikan oleh sel-sel rambut yang berfungsi.



 

Gangguan Pendengaran Dengan Alat Bantu Dengar

Bagaimana menggunakan alat bantu dengar dapat membantu

 

  1. Telinga bagian luar

    Bagian telinga ini tetap tidak terpengaruh oleh gangguan pendengaran. Gelombang suara memasuki telinga luar dan melakukan perjalanan ke alat bantu dengar, yang memperkuat suara untuk mengganti sel rambut yang hilang di koklea.

  2. Telinga bagian tengah

    Suara yang keluar dari alat bantu dengar berjalan ke gendang telinga, yang terhubung ke tiga tulang kecil yang disebut ossicles. Ossicles secara alami memperkuat suara sebelum memasuki telinga bagian dalam.

  3. Telinga bagian dalam

    Bagian telinga ini berisi cairan yang yang memenuhi koklea yang dilapisi dengan ribuan sel rambut mungil, beberapa di antaranya rusak atau hilang, menyebabkan gangguan pendengaran. Pada tahap ini, suara telah diperkuat untuk mengimbangi suara dan lokasi yang hilang. Saat cairan bergerak dalam gelombang di sepanjang koklea, sejumlah besar sel rambut utuh sekarang dapat membengkokkan dan memicu rangsangan melalui saraf pendengaran.

  4. Saraf pendengaran

    Rangsangan dari peningkatan jumlah sel rambut bergerak menuju saraf pendengaran ke otak dan memberikan lebih banyak informasi daripada yang seharusnya tersedia. Informasi tambahan ini mempermudah seseorang dengan alat bantu dengar untuk menafsirkan suara yang berarti.