Appointment

Konsultasi Gratis

Memahami Gangguan Pendengaran

Sekilas memahami mengapa Anda atau orang yang Anda cintai bisa mengalami gangguan pendengaran

Scroll

Information

Apa penyebab gangguan pendengaran

Anatomy of Ear

 

Memahami tentang penyebab gangguan pendengaran dan jenis kehilangan pendengaran yang Anda atau orang yang Anda cintai mungkin alami, merupakan langkah awal untuk menemukan solusi yang memungkinkan kehidupan dijalani dengan maksimal. Mengalami gangguan pendengaran - apa pun penyebabnya atau tingkatnya - tidak menyenangkan, tapi ada kabar baik: berkat teknologi pendengaran modern, gangguan pendengaran adalah kondisi yang dapat ditangani.

Gangguan pendengaran dibagi menjadi dua kategori besar: yang pertama adalah kongenital, yaitu gangguan pendengaran yang hadir saat lahir dan disebabkan oleh faktor seperti genetika atau kelahiran prematur. Yang kedua, yaitu gangguan pendengaran yang terjadi setelah lahir, dan merupakan hasil faktor seperti penyakit atau kerusakan pada telinga.

Meskipun kita sebenarnya 'mendengar' dengan otak kita, gangguan pendengaran terjadi ketika satu bagian telinga - telinga bagian luar, tengah atau dalam - rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik, dan tidak dapat mengirim sinyal suara ke otak secara normal.

 

  1. Penyebab di telinga bagian luar

    Hal ini biasanya mudah ditangani, dan mencakup masalah seperti sumbatan kotoran telinga dan infeksi kanal pendengaran.

  2. Penyebab di telinga bagian tengah

    Peradangan, cairan di belakang gendang telinga, lubang pada gendang telinga dan otosklerosis (kaku tulang di telinga tengah) adalah masalah telinga tengah yang paling umum. Sebagian besar masalah telinga bagian luar dan tengah dapat ditangani secara efektif dengan pengobatan atau pembedahan.

  3. Penyebab di telinga bagian dalam

    Di sinilah sebagian besar masalah pendengaran muncul. Penyebab paling umum adalah proses penuaan alami, tetapi suara keras, beberapa jenis obat atau retakan tengkorak juga dapat mempengaruhi pendengaran. Sel rambut halus di telinga bagian dalam menjadi rusak dan mempengaruhi transmisi sinyal ke saraf pendengaran. Biasanya, gangguan pendengaran telinga bagian dalam tidak bisa ditangani secara medis namun bisa dikoreksi dengan alat bantu dengar.